You are here
Home > INFO & LAYANAN > Tidak Patuh Minum ARV, Penyebab Kematian Penderita AIDS

Tidak Patuh Minum ARV, Penyebab Kematian Penderita AIDS

Patuh Minum Obat adalah syarat utama agar Pengidap HIV tetap bisa hidup Normal

DENPASAR AIDSBALI,

Ada penyakit baru yang lebih mengerikan ketimbang jenis penyakit yang telah menjadi teror global seperti kanker dan penyakit jantung. Penyakit baru itu adalah Resistensi ARV bagi pengidap HIV-AIDS.

Mengapa mengerikan, karena ketika terjadi resistensi ARV, obat yang dikonsumsi sebelumnya tidak akan mampu membuat kondisi pasien pengidap HIV-AIDS sehat kembali. Ketika penderita tidak lagi mengkonsumsi ARV (Antiretroviral) secara kontinyu dan tepat waktu, maka akan terjadi resistensi obat ARV. Sebelumnya, penyakit infeksi seperti AIDS menjadi masalah kesehatan utama di beberapa negara.

Namun setelah ditemukannya ARV (Antiretroviral), AIDS bukan lagi penyebab kematian utama. Sayangnya, penggunaan ARV yang tidak rasional oleh pengidap HIV membuat masalah baru muncul, yakni resistensi bagi penderita AIDS.

Menurut situs spiritia.or.id, resistansi terhadap ARV dipakai terjadi karena tingkat obat dalam darah kita terlalu rendah untuk terus-menerus menekankan penggandaan virus. Hal ini paling sering terjadi karena kita kurang patuh minum obat, terutama kalau lupa lebih dari 1-2 dosis per bulan (kepatuhan 95 persen atau lebih rendah).*** Ambara KPA Prov. Bali – net 

Leave a Reply

Top