You are here
Home > INFORMASI PUBLIK > OPSI SEDIAKAN RUMAH SINGGAH UNTUK KAUM TEMARJINALKAN

OPSI SEDIAKAN RUMAH SINGGAH UNTUK KAUM TEMARJINALKAN

DENPASAR, BALIPOST.com – Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) Provinsi Bali menyediakan Drop In Center (DIC) atau rumah singgah untuk kaum temarjinalkan yang mengalami kasus atau sedang sakit. Rumah singgah yang berlokasi di Jalan Raya Sesetan No.158 Denpasar ini diperuntukkan tidak hanya untuk anggota OPSI, tapi juga untuk kaum temarjinalkan yang lain seperti waria, pekerja seks, homoseksual, dan lainnya.

Selasa, 20 Agustus 2019 | 08:11:21

OPSI Bali menyediakan rumah singgah untuk kaum temarjinalkan. (Bali Post/may)

Koordinator Rumah Singgah OPSI Bali, Melati, mengatakan, rumah singgah yang baru terbentuk Februari 2019 itu didapat dari bantuan OPSI Pusat. “Rumah singgah OPSI Bali adalah wadah bagi teman–teman yang termajinalkan untuk pemberdayaan, learning center,” ujarnya Senin (19/8).

OPSI Bali yang terletak di sebelah kanan Jalan yang menuju Cenigan Sari Sesetan ini, bergerak di bidang advokasi di dalam bidang HAM, edukasi kesehatan, dan lainnya. Didirikannya rumah singgah, karena di Bali belum ada rumah atau tempat yang mengakomodir kaum temarjinalkan ketika mengalami permasalahan. “Rumah singgah ini bukan khusus untuk rumah singgah anggota OPSI saja, tapi untuk semua komunitas. Membantu teman–teman yang sakit, tapi tidak punya rumah,” jelasnya.

Sejak aktif kembali Februari 2019, di rumah singgah bersama OPSI Bali itu sudah menangani satu kasus dan terselesaikan. Kasus yang dialami yaitu kliennya yang mendapatkan ancaman dari pasangannya.

Ada juga klien yang membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan tempat pengobatannya di RSUP Sanglah. Kaum temarjinalkan yang mengalami kekerasan dapat tinggal di rumah singgah selama 7 hari.*** Sumber : http://www.balipost.com/news/2019/08/20/84496/OPSI-Sediakan-Rumah-Singgah-untuk…html

 

Leave a Reply

Top