You are here
Home > BERITA KPA PROVINSI BALI > IPPI Bali Galang Bantuan ODHA Terdampak Wabah Corona. AA Ngurah Patria Nugraha : Siap Memfasilitasi ODHA yang PHK

IPPI Bali Galang Bantuan ODHA Terdampak Wabah Corona. AA Ngurah Patria Nugraha : Siap Memfasilitasi ODHA yang PHK

AIDSBALI.ORG. Berangkat dari keprihatinan terhadap sesama, terutama yang tergabung dalam Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI) Bali, pengurus IPPI tergerak untuk membantu anggotanya yang berjumlah 25 orang dengan menggunakan kas organisasi menyalurkan 10 paket sembako.  “Selain menjadi ibu rumah tangga, teman-teman ODHA banyak menjalankan bisnis seperti berjualan kue, tukang laundry dan berjualan baju. Sekarang semuanya sulit karena wabah ini, makanya kita berinisiatif untuk menggalang donasi,” kata  Koordinator IPPI Bali, Komang Sumartini, saat dihubungi, Senin (13/4).

AA Ngurah Patria Nugraha,S.Sos Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali

Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI) Bali ini terus menggalang donasi, untuk disalurkan kepada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Bali. Sebagian dari mereka saat ini sudah tidak bekerja dan ada yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Komang menyampaikan, kondisinya semakin sulit setelah beberapa dari suami mereka di PHK dari perusahaan tempat mereka pekerja.

Karena itu, bantuan yang ia salurkan, akan sangat berguna bukan hanya untuk ODHA, melainkan satu keluarga. “Kita juga melihat banyak bantuan yang sudah disalurkan, tapi belum merata. Buktinya, kelompok rentan seperti keberadaan ODHA belum mendapatkan bantuan itu. Tentu kami berharap bantuan itu bisa lebih merata,” jelas Komang. Bagi siapapun yang hendak memberikan bantuan kepada ODHA di Bali melalui IPPI Bali, menurutnya, bisa langsung menghubungi kontak person IPPI Bali 081779522613.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali, AA Ngurah Patria Nugraha, S.Sos melalui selulernya menyampaikan  apresiasi sebesar-besarnya, bagi kepedulian masyarakat, organisasi lembaga  terutama komunitas yg bergerak di bidang HIV AIDS terhadap pandemic Covid-19 ini.“Dengan adanya bentuk gotong royong yang dilakukan IPPI Bali, mudah-mudahan dapat mendorong lembaga-lembaga lain untuk bergerak, dan juga membantu mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 ini,” katanya.

Untuk teman-teman komunitas, diharapkan juga mematuhi himbauan Pemerintah Daerah, agar selalu melakukan Physical Distancing (jaga jarak), kurangi keluar rumah jika tidak ada hal yg mendesak dan selalu menggunakan masker. Begitu pula selalu menjaga kondisi kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga. AA Ngurah Patria Nugraha juga berupaya memfasilitasi mereka yang terkena PHK, dengan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali.

“Saat ini, pihak Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali sedang melakukan verifikasi bagi yg kehilangan pekerjaan untuk mendapatkan kartu pra kerja yg di programkan dari pusat. Kita akan mencoba mengkoordinasikan,”katanya. Ia juga menghimbau kepada seluruh ODHA di Bali untuk terus menjaga kondisi kesehatan dan melakukan apa yang menjadi himbauan pemerintah agar saling menjaga jarak, dan mengurangi aktivitas diluar rumah demi terhindar dari wabah COVID-19.***Balitribune/Kumparan.com/Yuniambara PP Media KPA Provinsi Bali.

Leave a Reply

Top