Efek Covid-19, BCP Ganti Strategi dan Gunakan Sistem Daring

DENPASAR, AIDSBALI.ORG “Selama Pandemi Covid-19 Kita semua harus berpikir kreatif, dari tatap muka menjadi daring. Hal itulah yang Kami lakukan  untuk kegiatan kami, agar tetap berjalan seperti biasa,” ungkap sex education program manager Bali Children Project (BCP),Oppi Sulaeman, saat diwawancarai AIDSBALI.ORG di SMPN 9 Denpasar, Senin 28 September 2020 lalu.

Selama ini, BCP  banyak sekali membantu memfasilitasi kegiatan KSPAN, agar menjadi generasi muda yang cerdas dan sehat.

Sebelum masa pandemi, BCP sering melakukan kegiatan Regular Workshop. Bentuk kegiatannya adalah tatap muka 3 jam setengah. Akan tetapi karena pandemi, semua diatur ulang dengan menjalankan sistem daring untuk mematuhi protokol kesehatan dan meminimalisir anak-anak agar aman dari virus corona ini.

Dalam sistem daring ini, salah satu aktivitasnya adalah membuat video edukasi. Dimana, peserta diminta acting dan video akan di post ke youtube dengan melibatkan anak-anak KSPAN sebagai fasilitator. Tujuan menggandeng KSPAN supaya yang nonton siswa sekolah atau adik-adik tingkatnya untuk mempengaruhi supaya berminat ikut ekstra KSPAN.

Untuk pembuatan video edukasi ini, siswa harus mengikuti pre test dulu untuk mengukur kemampuan pengetahuan tentang Narkoba dan HIV setelah nilai didapat baru video bisa ditayangkan dan setelah nonton videonya juga ada tesnya lagi yaitu post test.

Oppi  Sulaeman juga menuturkan, sejauh ini,  kegiatan BCP di tahun 2020 berjalan semua hanya ganti strategi. “Biasanya kunjungan penguatan datang langsung pada saat ekstra untuk menguatkan dan mendukung siswa tetapi selama pandemi ini tidak bisa lagi.  Akhirnya Kita ganti ekstra dengan sistem online yang sederhananya melalui media whatsapp group dengan mengganti uang transport kita dengan uang pulsa untuk hadiah mereka dan tambahan materi harus ada edukasi covid juga. kunjungan ekstra online ini tiap harinya berbeda materi,”katanya.

Strategi BCP di tahun 2021 Lanjut Oppi Sulaeman adalah menyiapkan studio podcast. “Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) akan kita gandeng dengan Narasumber sekolah yang berhubungan dengan KSPAN juga akan kita undang dan anak-anak  KSPAN harus staytune online,”katanya.

Untuk strategi ini imbuh Oppi Sulaeman, sudah dikoordinasikan mulai dari sekarang. ” Harapan kami,  pandemi ini cepat berlalu kalaupun pandemi covid-19 masih berlangsung di tahun 2021, studio podcast akan kita gencarkan, “ungkapnya.*

Reporter : Ni Nyoman Suardani KPA Provinsi Bali

Editor : Yuniambara KPA Provinsi Bali