KPA Bantu Dinkes Bali Percepat Administrasi Swab Covid-19

AIDSBALI.ORG, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali diperbantukan Dinas Kesehatan Provinsi Bali sebagai tenaga administrasi tim swab lapangan sesuai Surat Perintah Tugas No.17.800/2255/UK/Diskes tertanggal 23 Oktober 2020.

Dalam surat tersebut, Dinas Kesehatan meminta KPA sebagai tenaga administrasi Lab. PCR yang akan diperbantukan dalam rangka pelayanan dan penanganan wabah Covid-19 di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Bali dari Tanggal 26 Oktober sampai pertengahan Desember 2020. Dan pada Selasa, 1 Desember rencananya tim swab akan melaksanakan tugas swab missal di Angkasa Pura I.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali, AA Ngurah Patria Nugraha, S.Sos, MAP menugaskan 7 orang staf untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Tim KPA perkuat Dinkes Bali untuk Percepat Laporan Pelaksanakan Swab massal

Hal ini merupakan kegiatan yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengadakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan PNS dan tenaga kontrak yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Bali.

“Ada 43 OPD dengan sekitar 7000 tenaga kontrak dan 5000 PNS yang tersebar di OPD tersebut. Dimana dalam pelaksanaan swab massal ini melibatkan sekitar 60 orang petugas, Dan KPA mendapat kesempatan membantu aktivitas swab itu,”kata Gung Patria.

Di sisi lain, hal ini dibenarkan KA UPTD Labkes dr. AA Dewi Dharma Laksmi Kepakisan, MKM. “Kita memang meminta bantuan beberapa tenaga administrasi untuk mempercepat kerja kita dalam melaksanakan swab massal ini. Dengan mengetahui secara dini status Positif atau Negatif dari PNS atau Tenaga Kontrak ,kita bisa lebih cepat mengantisifasi dan menanggulangi covid-19 supaya tidak sampai menyebar menulari temannya di OPD tersebut. “ Ungkapnya”

dr Dewi juga menambahkan, sesuai arahan Sekretaris Daerah Provinsi Bali, hasil dari swab massal ini yang dikirim langsung ke OPD masing-masing, bagi yang hasilnya negatif, diarahkan bekerja kembali secara normal dikantornya masing-masing.*** Tim Media KPA Provinsi Bali