Mari Kumandangkan Prokes Covid-19 Pada ODHA, Pesan Jaya Negara, saat Lepas Road Show FPA

Denpasar, AIDSBALI.ORG. “Mari kumandangkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 pada semua masyarakat, khususnya para ODHA (Orang Dengan HIV dan AIDS). Sehingga mereka tetap sehat di masa pandemic ini,”kata Wakil Walikota Denpasar yang juga Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Denpasar I GN Jaya Negara, sebelum melepas acara Road Show Forum Peduli AIDS (FPA) di gerbang timur kantor walikota Denpasar, Sabtu, 9 Agustus 2020.

Sebelum pelepasan, Ketua FPA Bali, dr Oka Negara, FIAS melaporkan, FPA Sabtu 1 Agustus 2020 lalu, sudah melakukan road show dari Badung, Tabanan dan Jembrana. Acara tersebut dilepas Wakil Bupati Badung sekaligus sebagai Ketua Pelaksana KPA Kabupaten .Badung I Ketut Suiasa,S.H.

Lebih lanjut, Wakil Walikota Denpasar mengatakan, keberadaan Forum Peduli AIDS Di Bali sangat dibutuhkan untuk membantu upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Bali “Kami sangat mendukung adanya Forum Peduli AIDS ini, karena sangat dibutuhkan terutama untuk mensinergikan dan mengkolaborasikan program pencegahan HIV-AIDS di Bali khususnya di Kota Denpasar,” ujarnya.

Jaya Negara juga menegaskan, di masa pandemi Covid-19 ini, upaya penanggulangan           HIV-AIDS menghadapi tantangan yang cukup berat. “Dalam upaya penanggulangan HIV-AIDS di masa Pandemi ini, kita harus mulai dengan kebiasaan baru dan dengan memanfaatkan teknologi digital. Salah satunya dengan memanfaatkan sosial media untuk kegiatan sosialisasi, penyuluhan dan sebagainya.” Ungkapnya

Rombongan pun dilepas pkl 07.00 Wita menuju Kabupaten Bangli. Anggota road show tersebut dikoordinir oleh I Gede Bagus Arya Theda Subrata dan Fais. Dimana anggota rombongan terdiri dari 20 sepeda motor dan 3 buah mobil. Rombongan tiba di Bangli pukul 08.00 Wita  tiba di Lapangan Kapten Mudita Bangli. Rombongan diterima Kepala Bidang P2P Kabupaten Bangli Ni Wayan Budhiari, S.Sos,M.Si didampingi Kepa[a Seksi P2P I Nyoman Sudarma, SKM, M.Si dan Pengelola Program KPA Bangli, AA Ayu Sudi Lestari,Amd.Kep.

Ni Putu Ayu Cempaka Raniputri, selaku perwakilan pengurus Forum Peduli AIDS (FPA) Bali menyerahkan Piagam Penghargaan atas partispasinya menerima kehadiran FPA di Bangli diterima Kepala Seksi P2P Nyoman Sudarma.

Setelah dari Bangli, rombongan melanjutkan perjalanan serta beristirahat di rumah anggota FPA Dewa Boni. Kemudian rombongan pun melanjutkan perjalanan menuju kota Singaraja pukul 09.00 wita,  melalui Kintamani melewati Kubutambahan Buleleng.

Drs Made Efo Suarmiartha, M.Si mewakili pengurus FPA Bali menyerahkan Penghargaan kepada Kabupaten Buleleng diterima Kepala Seksi P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Putu Indrawan, S.Sos di Taman Kota Singaraja

Rombongan pun tiba di Taman Kota Singaraja pukul 11.00 wita. Saat itu rombongan diterima Kepala Seksi P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Putu Indrawan, S.Sos dan KPA Buleleng Gusti Ketut Sugiantara,ST.

Perjalanan dilanjutkan pukul 01.00 wita mampir di anggota FPA Ni Putu Ayu Cempaka Rani Putri, di banjar Bratan Buleleng. Terakhir rombongan melanjutkan perjalanan ke Mengwi .

Di Mengwi, rombongan kembali melaksanakan konsolidasi internal, serta evaluasi kegiatan roadshow. Selanjutnya acara roadshow pun ditutup oleh Drs Made Efo Suarmiartha,M.Si dan koordinator roadshow I Gede Bagus Arya Theda Subrata,S.Pd.***

Reporter : Ni Made Yuliati, SE KPA Provinsi Bali

Editor  : Yuniambara, SIP KPA Provinsi Bali