Tertarik HIV-AIDS dan Kespro Sejak Gabung KISARA Tahun 1994

DENPASAR, AIDSBALI.ORG. dr Oka Negara S.Ked, Biomed, FIAS adalah dokter yang sangat enerjik dalam setiap langkahnya. Ia adalah pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Ketertarikannya dengan Kesehatan Reproduksi (Kespro), seksual, dan HIV AIDS, sudah ada sejak pertama kali bergabung sebagai relawan remaja peduli kesehatan reproduksi, IMS, dan HIV AIDS tahun 1994, di organisasi KISARA PKBI-Bali. Hal itu disampaikannya saat diwawancarai AIDSBALI.ORG kemarin.

Saat itu, dirinya masih kuliah di semester dua Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Ia pun secara aktif melakukan kegiatan edukasi, informasi, konseling, pelatihan, ke kalangan remaja di Bali. Juga memberikan konseling, pendampingan, penyuluhan keliling, pelayanan kesehatan, siaran radio, hingga membuat event-event edukasi, yang bernuansa hiburan yang diminati remaja dan masyarakat. Tujuannya tidak lain adalah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang reproduksi dan seks sehat, juga pencegahan bahaya IMS dan HIV AIDS.

dr Oka Negara memberikan pembekalan kepada Relawan Remaja KISARA sebelum mereka turun ke Lapangan

Selain sebagai seorang klinisi, Ia juga memiliki pengalaman yang luas dalam pengembangan program pemberdayaan masyarakat terkait dengan program kesehatan seksual dan reproduksi, Infeksi Menular Seksual dan HIV AIDS. Khususnya, untuk program remaja dan keluarga.

Caranya adalah bekerja dan berkolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintah, swasta dan lembaga swadaya masyarakat di Bali, Nasional dan juga Institusi Internasional, seperti; Kisara, PKBI, KPA dan KPAD, BNN, WWF, AusAID, Ford Foundation, IPPF, WHO, dan lainnya. Beliau sangat kreatif dalam mengembangkan ide-ide pengembangan program pemberdayaan masyarakat pada kelompok remaja dan orang dewasa.

Sejalan dengan kecintaannya dalam mengedukasi, dr. Oka Negara sejak tahun 2008 bekerja sebagai abdi negara di Departemen Andrologi dan Seksologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Juga sempat membantu Program Pascasarjana Ilmu Biomedik di Universitas Udayana.

Ia juga berperan aktif sebagai pengurus inti yang mengelola kegiatan rutin nasional anti-aging medicine seperti National Symposium and Workshop on Anti-Aging Medicine (NASWAAM) dan beberapa simposium Nasional Seksologi lainnya.

Saat ini dr. Oka Negara menjabat sebagai Vice Secretary of Indonesian Center for Anti-Aging Medicine (INCAAM) dan sebagai Sekretaris II Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Seksologi Indonesia, sekaligus sebagai Ketua Asosiasi Seksologi Indonesia cabang Denpasar. Jabatan lainnya adalah sebagai Wakil Ketua Pengurus Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Bali, Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Denpasar, dan baru saja terpilih menjadi Ketua Forum Peduli AIDS (FPA) Bali.

Menulis dan musik merupakan kegiatan yang sangat disukainya. Kegiatan itu membuat dirinya mendapatkan banyak inspirasi dalam mngembangkan berbagai materi edukasi untuk masyarakat.

Beberapa karya tulisan Beliau antara lain adalah: “5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang AIDS” yang diterbitkan oleh KPA Propinsi Bali, “Buka Mata Tentang Narkoba” yang diproduksi oleh BNN, “Sexual Health” diterbitkan oleh HIV Cooperation Program for Indonesia (HCPI)-AusAid.

Juga dua buku tentang pedoman sebagai Kelompok Siswa Peduli AIDS. Beberapa film juga sempat dibuat, salah satunya film edukasi bahaya narkoba berjudul “3 Ruang” yang dibuat bersama Konsorsium Tiga Ruang.Beberapa apresiasi penghargaan diterimanya antara lain: Blog edukasi pernah meraih pemenang pertama dalam PKBI Award 2008.

Dalam event ilmiah, beberapa presentasi Beliau mendapatkan apresiasi, salah satunya yang mendapatkan Pfizer Award for Sexology di tahun 2009, juga salah satu tulisan seksologi populernya meraih Emvee Award di tahun 2012.

Dengan semangat yang tinggi untuk perubahan masa depan dr. Oka Negara juga bercita-cita  membangun sebuah lembaga riset dan advokasi seksualitas sehat untuk anak muda. Saat ini dr. Oka Negara memberikan layanan seksologi klinisnyadi Klinik SMC, Denpasar, Bali.***

Reporter : Ida Ayu Masyeni Dewi Adiatmika KPA Provinsi Bali

Editor   : Yuniambara KPA Provinsi Bali