Tidak Ada Untungnya Gunakan Narkoba dan Meskipun Positif HIV Tetaplah Berperilaku Sehat, Pesan Otto

Tidak ada keuntungan apapun ketika menggunakan Narkoba/Drug dan Meskipun Positif HIV, tetaplah berperilaku sehat. Asal mau berubah dan sadar akan kesehatan, kita bisa sukses. Hal itu disampaikan Konselor Adiksi BNN Kota Denpasar Otto Sugiarto, saat diwawancara Reporter  AIDSBALI di Sekretariat KPA Provinsi Bali,  Kamis, 2 Juli 2020

Konselor Adiksi ini menuturkan kisahnya lebih lanjut dari awal sampai sekarang sudah sukses. “Dari tahun 1993 Saya adalah Pemakai dan Pengedar Narkoba, sebelum 3 bulan menikah Saya memutuskan untuk berhenti sebagai pemakai. Dan akhirnya, tahun 2008 Otto memang benar-benar berhenti menggunakan Narkoba serta memutuskan melaksanakan pernikahan dan dikaruniai 3 orang anak.

Sehari sebelum diwawancara bapak tiga anak ini menghadiri Telekonfren di BNNP, dan akhirnya  Kamis, 2 Juli 2020 ia pun menuturkan kisahnya. “Mulai tahun 2006 Saya bergabung di Yakeba sebagai petugas lapangan yang menjangkau pengguna jarum suntik dan masih terapi methadon. Tentunya banyak tantangan yang saya hadapi saat meninggalkan teman-teman pemakai lainnya,”ungkapnya.

OTTO SUGIARTO, KONSELOR ADIKSI BNNK DENPASAR

Tahun 2008 Otto mengungkapkan dirinya berhenti dari Yakeba. Bersamaan dengan hal tersebut, Otto juga menduduki posisi bidang advokasi hal tentang hak asasi pecandu di Ikatan Korban Napza. “Pada tahun 2012 saya mulai bergabung lagi di Yayasan Dua Hati sebagai petugas lapangan dan sudah berhenti total sebagai pemakai. Dan Saya pun mengenal HIV tahun 2006 ada tes gratis dari hasil tes pertama di nyatakan non reaktif.”Ungkapnya”

Saat bergabung dengan Yayasan Dua Hati, Bapak asal Surabaya ini menceritakan pengalamannya dan pernah didatangi  BNNP menanyakan tentang data di BNN pecandu. “Saya tidak berikan datanya, karena itu termasuk konfidential,”katanya.

Suka duka yang di alami sekarang ini, dalam hal suka bisa membuktikan bahwa berhenti dari pemakai narkoba, juga bisa sukses, asalkan mau berubah. Dari hal duka jika berkumpul sama teman-teman pemakai di lapangan suatu hal yang sangat riskan.

Kegiatan Otto saat ini adalah sebagai Konselor Adiksi ( memberikan konseling pasien bagi pecandu pemakai narkoba) mau di rawat jalan atau rawat inap. Tujuannya agar ada perubahan perilaku tidak memakai narkoba bagi perilaku tersebut.***

Reporter : Ni Made Yuliati KPA Provinsi Bali

Editor : Yuniambara KPA Provinsi Bali

 

Biodata :

Nama                             : Otto Sugiarto

Tempat,tanggal lahir  :  Surabaya, 14 April 1969

Status Perkawinan       : Kawin

Jumlah Anak                 : 3 Orang

Alamat                            : Jalan Tukad Irawadi Panjer

Email                              : ottosugiarto8170@gmail.com

Riwayat Pendidikan :

  1. SD Negeri 3 Winongo-Madiun 1976 – 1982
  2. SMP Negeri 1 Madiun 1982 -1985
  3. SMA Negeri 3 Madiun 1985 -1988

Riwayat Pekerjaan :

  1. Yakeba Tahun 2005 – 2008
  2. Yayasan Dua Hati Tahun 2011 – 2015
  3. Yakita Tahun 2016 – 2017
  4. BNNP Bali Tahun 2014 – Sekarang